Monday, March 13, 2017

Remote Koneksi MariaDB Melalui VPN PPTP Tunnel

  1 comment
Illustration Image | Source Image: DominicM
Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Pada artikel ini saya ingin menuliskan tentang bagaimana saya melakukan Remote Koneksi MariaDB melalui jalur Tunneling VPN PPTP. Ini merupakan salah satu Program Kerja Bersama SMK Negeri 1 Pedan dengan SMK Negeri 1 Sawit (6 s/d 11 Maret 2017).

a. Pengertian
PPTP atau Point-to-Point Tunneling Protocol adalah salah-satu metode lama yang sering digunakan untuk melakukan pembuatan sebuah Jaringan Virtual Pribadi atau biasa kita sebut Virtual Private Network (VPN).

b. Latar Belakang
Kami memilih VPN PPTP sebagai jalur tunneling didasari karena ini merupakan pilihan terakhir dari cara-cara yang terfikirkan oleh kami untuk mengkoneksikan kedua server kami. Karena sebab yang belum diketahui, kami tidak dapat mengkoneksikan kedua server menggunakan cara IP-IP Tunnel, EoIP Tunnel, dan GRE Tunnel.

c. Maksud dan Tujuan
Tujuan dari dilakukannya percobaan ini adalah untuk dapat mengerti dan mempraktekkan bagaimana melakukan Remote Koneksi MariaDB melalui jalur Tunneling VPN.

d. Waktu Pengerjaan
Waktu yang diperlukan untuk melakukan percobaan ini kurang lebih 10-15 Menit

e. Alat dan Bahan
- PC Pribadi
- 2 (Dua) Komputer Server
- 2 (Dua) Perangkat MikroTik Terkoneksi ke Internet

f. Langkah Pengerjaan
1. Buat PPTP Server disalah-satu MikroTik. (Saya memilih Mikrotik yang tidak terkoneksi ke MariaDB Server)
Saya anggap teman-teman sudah mengetahui bagaimana langkah-langkah membuatnya, apabila belum teman-teman dapat membacanya kembali diartikel VPN PPTP saya disini
Karena ini hanya mengkoneksikan 2 buah server, alangkah baiknya dibuat menjadi Static IP Saja.

2. Koneksikan VPN PPTP di MikroTik Client (MikroTik ini terkoneksi ke MariaDB Server)
Untuk melakukan Dial PPTP nya, kita akan membuat satu interface baru yaitu PPTP Client. Menu PPTP Client ini bisa ditemukan dari Menu Interfaces -> Interface -> PPTP Client atau Menu PPP -> PPTP Client. Isikan data yang diminta kemudian klik Apply untuk mulai men-dial.
3. Buat Static Route antar dua Router melalui VPN.
Sebelumnya, apakah ada yang bertanya kenapa kita membuat Static Route meski sudah mencentang Add Default Route? Karena mencentang Add Default Route hanya memberikan akses Client ke Server dan tidak berlaku sebaliknya. Bagaimana kalau dibalik? Bisa saja, tetapi saya lebih suka seperti ini. 

Buat Static Route di Menu IP -> Routes -> Add. Hal yang diisi adalah:
Dst. Address: 192.168.10.0/29 (IP Lokal dari Mikrotik Client / MariaDB)
Gateway: 10.100.10.2 (IP PPTP yang didapat Mikrotik Client)
4. Konfigurasikan MariaDB untuk Akses Remote
Sampai step ini seharusnya MariaDB Server sudah dapat di-ping dengan IP Lokal aslinya, tetapi belum dapat diakses. Kenapa? Karena secara default MariaDB tidak mengizinkan akses dari luar dan hanya boleh mengakses dari Host Lokal (localhost) saja. Maka dari itu kita akan membuatnya dapat diakses dari luar.

- Edit konfigurasi MariaDB
Debian: /etc/mysql/my.cnf
Ubuntu: /etc/mysql/mariadb.conf.d/50-server/my.cnf
Berikan tanda komentar "#" tanpa tanda kutip pada baris bind_address. Atau dapat teman-teman ganti IPnya dengan 0.0.0.0.

- Buat Akun untuk Remote
~# mysql -u root
MariaDB [(none)] use mysql;
MariaDB [mysql]> grant all on namadatabase.* to 'userbaru'@'%' identified by 'passwordbaru';
MariaDB [mysql]> flush privileges;
MariaDB [mysql]> \q
Sesuaikan teks yang saya cetak biru. Sedikit penjelasan mengenai simbol "%" diatas, pada MySQL / MariaDB simbol ini menandakan semua atau Wildcard. Yang berarti User dengan Nama Userbaru akan dapat diakses dari IP Manapun. 

- Restart Service MariaDB
~# service mariadb restart
5. Selesai!!
Jika tidak ada masalah, dan sudah tepat langkah-langkahnya. Seharusnya teman-teman sudah dapat terkoneksi ke MariaDB melalui jalur VPN PPTP dan dapat menggunakannya seperti biasanya.

g. Rerefensi
--

h. Kesimpulan
Dengan menggunakan VPN PPTP, kita dapat mengkoneksikan Server satu ke Server lain sehingga kita dapat menciptakan suatu jaringan lokal bagi server-server kita sehingga server-server tersebut akan saling berkomunikasi layaknya berada di jaringan lokal, meski sebenarnya server-server tersebut berada di tempat yang berbeda.

Cukup sekian yang dapat saya tulis, semoga bermanfaat bagi teman-teman semuanya!
Dan seperti biasa, Terima Kasih!
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

1 comment :