Wednesday, January 18, 2017

Mengenal EuP & ErP dan dampaknya pada BIOS

  No comments


Assalamu'alaikum Wr.Wb.
Ini adalah hari ketiga bagi kami untuk mensetting Server kami yang akan ditempatkan di Ruang Server di BLC Telkom Klaten yang selanjutnya akan kita setting melalui metode Remote. Nah disini kita mensimulasikan Ruang Server ini seperti Datacenter sungguhan dimana letak datacenter ini ada di Jauh sana. Pernahkan terbayang bagaimana Seorang admin menghidupkan kembali Puluhan bahkan Ratusan Server dalam satu datacenter ketika tiba-tiba listrik padam total?

Nah disini ada 2 kemungkinan yang akan terjadi. Pertama, si Admin akan menghidupkan kembali Server-server tersebut satu persatu. Atau jika si Admin sudah canggih, maka dia dari awal sudah menghidupkan Opsi AC Power On Failure di BIOS masing-masing Server.

Dari kasus diatas, mungkin tidak akan terjadi masalah apabila menggunakan Motherboard khusus Server. Tapi apabila menggunakan Motherboard untuk PC pada umumnya, akan ada kemungkinan bahwa Fitur AC Power On Failure tersebut tidak akan bekerja.

Pada kasus Server saya yang menggunakan Motherboard ECS H81H3-M4, Server saya tidak mau hidup kembali ketika Power kita matikan secara paksa. Usut punya usut, saya tidak memperhatikan satu konfigurasi pada menu Power Management. Yaitu EuP Function, yap dialah culprit yang membuat Konfigurasi AC Power On Failure saya tidak mau bekerja walau sudah saya Clear CMOS dan Switch Jumper berkali-kali.

Jadi pertanyaannya, Apa sih EuP itu?
EuP atau ErP, singkatnya EuP (Energy-using Products) dan ErP (Energy-related Products) adalah suatu hal yang mengarah ke Efisiensi Pemakaian Energi.

Lengkapnya sendiri saya juga masih belajar, akan saya Perbarui lagi post ini apabila sudah ada gambaran jelas di saya :)

Emergency Link

No comments :

Post a Comment