Monday, February 13, 2017

MikroTik Netinstall, Solusi untuk OS Routerboard yang Bermasalah

  9 comments
Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Pada artikel ini saya ingin menuliskan tentang MikroTik Netinstall yang sangat berguna untuk solusi permasalahan OS MikroTik Routerboard. Pembuatan artikel ini terinspirasi dari permasalahan Routerboard hAP Lite TC milik teman saya yang RouterOS nya mengalami Corrupt karena bermasalah ketika dilakukan downgrade, sehingga RouterOS tidak dapat booting dan terus menerus melakukan restart.

a. Pengertian
MikroTik Netinstall adalah sebuah aplikasi dari MikroTik yang berfungsi untuk melakukan Instalasi, Instalasi Ulang, atau me-reset perangkat MikroTik Routerboard melalui Ethernet dengan bantuan PC. MikroTik Netinstall merupakan aplikasi 32-bit Windows, namun dapat juga digunakan di OS GNU/Linux atau Mac OS dengan bantuan Emulator seperti Wine, Crossover, dll.

b. Latar Belakang
Dikarenakan permasalahan pada Software yang seringkali tidak dapat kita hindari seperti Error atau Crash secara tiba-tiba maka beberapa pengembang sekarang memberikan Tool berupa aplikasi untuk membantu kita memperbaiki sendiri tanpa harus selalu ke Service Center dari Pengembang Software tersebut. Salah satunya adalah aplikasi Netinstall dari MikroTik yang membantu kita memperbaiki sendiri kerusakan Software pada perangkat Routerboard.

c. Maksud dan Tujuan
Dapat melakukan perbaikan dan instalasi serta konfigurasi ulang sendiri Sistem Operasi perangkat MikroTik Routerboard dengan cara NetInstall.

d. Waktu Pengerjaan
Untuk melakukan Netinstall ini dibutuhkan waktu kurang lebih 5-10 Menit.

e. Alat dan Bahan
- PC + Kabel UTP RJ45
- Perangkat MikroTik Routerboard
- Emulator Wine (Apabila menggunakan OS selain Windows)
- Package RouterOS sesuai arsitektur Routerboard masing-masing.
- Aplikasi MikroTik Netinstall dengan versi menyesuaikan RouterOS yang ingin diinstall.

f. Langkah Kerja
Saya asumsikan semua Alat dan Bahan diatas telah terinstall dan siap.

1. Setting Static IP pada Interface PC
Untuk melakukan Netinstall kita perlu melakukan Setting IP PC secara Static, maka dari itu silahkan konfigurasikan PC teman-teman agar menjadi Static. Contohnya disini saya memakai IP 192.168.11.1/29 (Gateway dapat teman-teman kosongkan, karena komunikasi jaringan masih dalam satu Segment/Subnet). Setelah itu pastikan profile yang berisi konfigurasi Static IP tadi sudah diterapkan atau sudah dipakai sistem.
2. Hidupkan Konfigurasi PXE pada MikroTik Netinstall
Static IP sudah, silahkan teman-teman buka aplikasi MikroTik Netinstall yang sudah disiapkan melalui Terminal dengan cara:
~# wine netinstall.exe
Sesuaikan lokasi (path) serta nama aplikasinya apabila diubah.
Klik pada button Netbooting, berikan checklist pada Boot Server enabled lalu masukkan IP untuk Routerboard nantinya kemudian klik OK.
Lalu mengapa melalui Terminal? karena MikroTik Netinstall membutuhkan akses Super User agar Netboot dapat berjalan (Perhatikan tanda # diatas, yang berarti saya menggunakan akun Root).

3. Hidupkan Routerboard dengan posisi RouterBOOT ke Netinstall
Sambungkan perangkat Routerboard dengan PC teman-teman dengan posisi Port Routerboard berada di Ethernet 1. Dalam posisi Routerboard mati, silahkan tekan dan tahan tombol RESET kemudian masukkan Power Source atau Kabel Powernya. Tetap tahan tombol RESET sampai LED USR mati (Static Blink -> Blinking -> Mati), dan secara otomatis perangkat Routerboard akan mencari Server Netinstall. Pada beberapa kasus perangkat Routerboard yang harganya cukup lumayan biasanya terdapat Port Serial dimana melalui Port ini teman-teman dapat mengakses langsung BIOS dari Routerboard, nah terkadang kita diharuskan mensetting perangkat tersebut melalui BIOS untuk dapat masuk ke mode Netinstall.
4. Mulai melakukan Netinstall!
Setelah Routerboard berada di posisi Netinstall dan aplikasi MikroTik Netinstall sudah dihidupkan PXE nya maka akan muncul Model Routerboard dan MAC Address nya di aplikasi MikroTik Netinstall. Klik pada Routerboard tersebut kemudian arahkan Package menuju folder dimana teman-teman menempatkan Package OS nya, dapat berupa Single Package atau All Packages yang sudah diextract. Untuk memulai instalasi, silahkan klik Install.

Sebelum teman-teman mulai Install, pastikan Software ID dan License Key perangkat terbaca di MikroTik Netinstall, apabila tidak cobalah untuk mematikan perangkat dan hidupkan lagi seperti langkah Nomor 2 karena License Key disini sangat penting. Tanpa License Key RouterOS teman-teman akan menjadi Trial dan durasi dari Trial ini hanya 24 Jam.
Tips: Apabila teman-teman melakukan Netinstall karena mengalami masalah di OS Routerboard dan stuck atau terhenti di Sending Offer, cobalah untuk menggunakan Versi OS dan Netinstall yang paling rendah yang disupport oleh Routerboard. Contoh saya mempunyai MikroTik hAP dengan versi RouterOS terendah yang dapat disupport oleh perangkat ini adalah versi RouterOS 6.30.

5. Instalasi Selesai!
Apabila tidak ada kesalahan seharusnya ketika instalasi selesai perangkat Routerboard akan melakukan Reboot (dibeberapa tipe ada yang Reboot secara otomatis, ada juga yang harus kita klik Reboot terlebih dahulu) dan apabila tidak ada error disisi Hardware seharusnya OS sudah berjalan dan Routerboard sudah berfungsi kembali :)
g. Referensi
- Wirelessinfo.be - Mikrotik Netinstall on Linux

h. Kesimpulan
Dengan melakukan Netinstall kita dapat melakukan Instalasi Ulang dan Perbaikan Sistem Operasi pada perangkat MikroTik Routerboard, karena selain dapat digunakan untuk Mengkonfigurasi dan Menginstalasi Ulang, dengan Netinstall kita juga dapat menyelamatkan Routerboard yang mengalami permasalahan pada OS nya.

Cukup sekian yang dapat saya tulis, semoga bermanfaat bagi teman-teman semuanya!
Dan seperti biasa, Terima Kasih!
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

9 comments :

  1. halo saya menggunakan ubuntu 18.10
    saya melalakukan perintah
    sudo su
    wine netinstall.exe
    setelah itu melakukan tutorial number 3
    tidak showup model router dan macnya
    saat melihat di terminal tertulis FAILED TO REPLAY
    ada solusi gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Apakah Mikrotik nya sudah diposisi netinstall? sama serinya apa ya?

      Delete
    2. mikrotiknya belum muncul di netinstall, seri nya hap lite rb941-2nd.
      mikrotiknya tidak muncul di router/drivers. bagaimana soulusinya?

      Delete
    3. uda solved om , wincfg di ganti windows 8, awalnya windows 7, trus uda mau, thanks gan

      Delete
  2. Nggak bakal terjawab pertanyaan kalian,,,,no respon

    ReplyDelete
  3. Nggak bakal terjawab pertanyaan kalian,,,,no respon

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Terima kasih atas masukannya.
      Maaf kalau ada pertanyaan yg terlewat saya jawab. Saya masih memantau blog ini meski belum saya perbarui sejak lama. Sekedar informasi, saya akan aktif lagi menulis diblog ini dengan topik baru. Sudah saya mulai membuat draft, tinggal menunggu waktu yang tepat untuk merilis dan menyesuaikan blognya.

      Delete
  4. bisa minta cp ny gan...saya masih bingung dengan mikrotik saya..mau tny2 lebih jelas via wa.gan..trimss

    ReplyDelete
  5. Ether1 saya mati tidak terdeteksi di winbox dan neinslal. Trus gimana

    ReplyDelete