Monday, February 20, 2017

Instalasi Manual Kernel Linux Yang Sudah Siap di OS Debian/Ubuntu

  No comments
Linux Illustration | Source Image: NixPal
Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Di artikel ini saya akan menuliskan bagaimana melakukan pemasangan atau instalasi Kernel Linux baru yang sudah siap install atau sudah dicompile.

a. Pengertian
Kernel merupakan sebuah bagian yang paling dasar pada sebuah Sistem Operasi yang mengatur permintaan Input/Output (IO) dari sebuah software yang kemudian diterjemahkan kedalam bahasa atau instruksi-instruksi dalam CPU atau perangkat lain didalam komputer.

b. Latar Belakang
Dikarenakan kecenderungan kita memakai Tool pembantu untuk melakukan manajemen penggunaan Kernel. Oleh karena itu saya ingin mencoba untuk melakukan Instalasi Kernel yang ingin saya pakai secara manual melalui Terminal.

c. Maksud dan Tujuan
Agar dapat memahami dan mengerti bagaimana melakukan Instalasi Kernel secara manual dan tidak bergantung pada Tool Manajemen Kernel.

d. Alat dan Bahan
- PC dengan OS GNU/Linux (Turunan Debian)
- Compiled Kernel

e. Waktu Pengerjaan
Waktu yang diperlukan untuk melakukan instalasi kernel ini kurang lebih 5-10 Menit.

f. Langkah Pengerjaan
1. Siapkan kernel yang sudah dicompile
Hal pertama yang dilakukan adalah menyiapkan kernel yang sudah kita compile atau Kernel yang pre-compiled yang sudah teman-teman download ke satu folder.
2. Mulai Instalasi Kernel
Selanjutnya kita lakukan instalasi kernel tersebut, langkahnya cukup mudah yakni dengan mengetikkan perintah:
~# dpkg -i linux-headers-*.deb linux-image-*.deb
Apabila berbeda, teman-teman bisa menyesuaikan nama kernelnya sesuai dengan kernel milik teman-teman.

3. Reboot!
Setelah instalasi kernel selesai, teman-teman dapat langsung menggunakannya dengan melakukan Reboot PC teman-teman dan memilih kernel yang sudah teman-teman install.

Umumnya Linux hanya menggunakan 2 Kernel, 1 untuk Kernel utama, dan 1 untuk Kernel cadangan. Selain kedua kernel diatas biasanya akan terdapat pilihan untuk menghapus sisanya yang tidak terpakai dengan perintah apt autoremove / apt-get autoremove.

g. Referensi
--

h. Kesimpulan
Dengan kita menginstall Kernel sendiri, kita dapat menggunakan Kernel yang sesuai dengan kebutuhan kita. Selain Kernel yang sudah pre-compiled dari bawaan Distro, kitapun dapat menggunakan Kernel yang sudah kita Compile sendiri.

Cukup sekian yang dapat saya tulis, semoga bermanfaat bagi teman-teman semuanya!
Dan seperti biasa Terima Kasih!
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

No comments :

Post a Comment