Thursday, February 2, 2017

MikroTik Point-to-Point (PPTP) VPN Tunneling

  2 comments
Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Kita akan melakukan percobaan Point-to-Point Tunneling dengan PPTP antar perangkat MikroTik. Dikarenakan kekurangan alat, disini saya akan menggunakan Dua buah VM MikroTik Cloud Hosted Router (CHR) untuk melakukan percobaan.

a. Pengertian
PPTP atau Point-to-Point Tunneling Protocol adalah salah-satu metode lama yang sering digunakan untuk melakukan pembuatan sebuah Jaringan Virtual Pribadi atau biasa kita sebut Virtual Private Network (VPN).

b. Latar Belakang
Dengan semakin berkembangnya Teknologi Internet yang memungkinkan semua hal dapat kita akses dari satu tempat secara remote.

c. Maksud dan Tujuan
Pembuatan VPN ini dimaksudkan untuk memudahkan kita untuk mengakses semua konten yang berada di sebuah Jaringan Lokal melalui Jaringan Internet dengan bantuan sebuah Tunnel atau Terowongan yang dibentuk oleh VPN. Sehingga dimanapun kita berada selama kita mempunyai akses Internet kita akan selalu terhubung ke Jaringan Lokal tersebut seolah-olah kita benar-benar berada di Jaringan Lokal tersebut.

d. Jangka Waktu
Pengerjaan Konfigurasi ini kurang lebih +- 10 Menit

e. Alat & Bahan yang digunakan
1. (x1) MikroTik RB951Ui-2nD (hAP)
2. (x2) VM MikroTik CHR
3. VirtualBox

f. Langkah Kerja
Kita akan menggunakan topologi sederhana untuk melakukan percobaan ini

TOPOLOGI TUNNELING
Seperti yang tertera digambar Topologi diatas, MikroTik hAP akan dijadikan layaknya Public Network, sedangkan masing-masing CHR akan digunakan layaknya Router yang mempunyai akses ke Jaringan Luar yaitu Internet. Untuk VPN Server akan kita setting disisi CHR 1, sedangkan CHR 2 akan dijadikan sebagai Client.

Kedua VM CHR kita akan set untuk sama-sama memiliki dua Ethernet. Ethernet pertama akan diset menjadi Bridge dan Ethernet kedua akan diset menjadi Host-only Network. Mengapa Host-only? karena sesuai namanya, yang berarti itu akan seperti Private Network antara Satu VM dengan Host (PC kita). Jadi jaringan tersebut tidak akan dapat diakses oleh VM yang lain.

Langkah-langkah:
1. Silahkan masuk ke CHR 1 untuk melakukan Konfigurasi PPTP Server. Apabila teman-teman tidak dapat melakukan Initial Setting dari Winbox melalui MAC Address, maka teman-teman dapat memasukkan IP untuk masing-masing Interface melalui mode CLI.

Dari window Virtual Machine kalian (VirtualBox), silahkan login ke CHR dengan detail user admin dan tidak ada password. Jika kalian hafal dengan menu-menu yang ada di Winbox, maka kalian akan dengan mudah beradaptasi dengan setting melalui CLI. Karena susunan yang ada di Winbox sama dengan yang ada di mode CLI.

Untuk memberikan IP:
[admin@MikroTik] ip addr add
address: <masukkan ip disini & prefix subnet>
interface: <masukkan nama ethernet disini>


Karena saya menggunakan VM, maka secara otomatis PC saya sudah mempunyai IP yang sudah diset di Network Interface VirtualBox. Apabila teman-teman menggunakan Interface fisik, silahkan teman-teman setting IP di PC kalian.

Setelah Initial Setting memberikan IP sudah, teman-teman seharusnya sudah dapat masuk ke CHR melalui Winbox

2. Setelah masuk ke CHR 1 yang akan digunakan sebagai VPN PPTP Server, silahkan buka menu PPP. Apabila tidak ada, pastikan teman-teman menginstall dan meng-enable modul PPP yang ada di System -> Packages.

3. Disini kita akan membuat PPTP kita memberikan IP secara otomatis kepada Client. Oleh karena itu kita akan membuat Range IP untuk Client kita nantinya di IP -> Pool. Klik [+] kemudian tambahkan Range IPnya, contoh format: 192.168.150.1-192.168.150.50

4. Apabila sudah, kembali ke Menu PPP -> Interface. Klik pada Button PPTP Server kemudian berikan checklist pada Enabled lalu klik Apply.


5. Kita akan buat Profile baru untuk settingan User kita nantinya. Klik menu Profiles kemudian klik [+]. Konfigurasikan seperti ini, dan jangan lupa untuk menyesuaikannya dengan konfigurasi teman-teman.


6. Setelah itu kita dapat langsung membuat akun untuk User VPN nya. Klik pada tab Secrets lalu klik [+]. Masukkan Username pada User, dan masukkan Password untuk user tersebut. Disini pada Profile, kita arahkan ke Profile yang sudah kita buat.


Konfigurasi pada sisi PPTP Server sudah selesai, kita akan mensetting PPTP Client pada CHR 2

7.  Apabila CHR 2 juga masih baru, silahkan lakukan hal yang sama seperti Nomer 1 sampai 2.

8. Pada menu PPP -> Interface. Kita Klik [+] lalu pilih PPTP Client. Isikan IP PPTP Server ke Connect to. Kemudian masukkan Username dan Passwordnya. Jangan lupa untuk mencentang Add Default Route agar kita dapat melakukan Komunikasi ke IP Local dari PPTP Server.


9. Agar IP Local antara CHR 1 dan CHR 2 dapat saling berkomunikasi, kita tambahkan Static Route pada sisi PPTP Server yaitu CHR 1.


10. Apabila sudah, silahkan lakukan Ping antar Local IP...

... Reply ...
Percobaan PPTP VPN sederhana kita sudah berhasil!

g. Referensi
Mikrotik Indonesia - Konfigurasi VPN PPTP pada Mikrotik

h. Kesimpulan
Pembuatan VPN PPTP Tunneling cukup mudah dilakukan dengan bantuan perangkat MikroTik, dan juga manfaat dari VPN itu sendiri cukup besar apalagi bagi kita yang harus selalu terhubung ke sebuah jaringan lokal untuk bekerja. Atau hanya untuk sekedar mengakses sebuah data dari Server yang berada di Jaringan Lokal.

Cukup sekian yang dapat saya tulis, semoga bermanfaat bagi teman-teman semua.
Dan seperti biasa, Terima Kasih!
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

2 comments :

  1. klo vpn yg dulunya bisa konek normal, trus tiba-tiba gak bisa, kira-kira masalah e d mana?

    ReplyDelete