Monday, February 27, 2017

Instalasi Dasar OpenLDAP dan Manajemen GUI phpLDAPadmin Ubuntu 16.04

  No comments

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Pada artikel ini saya ingin menulis mengenai Instalasi Dasar LDAP dan Manajemen GUI nya dengan Aplikasi LDAP Open Source OpenLDAP dan phpLDAPadmin.

a. Pengertian
LDAP atau Lightweight Directory Access Protocol merupakan sebuah protokol perangkat lunak yang memungkinkan seseorang untuk mencari Resource atau Sumber daya yang ada pada sebuah jaringan, seperti File, Perangkat, dsb. LDAP biasa diimplementasikan untuk Autentikasi aplikasi seperti Mail, FTP, Aplikasi, Samba, dsb.

b. Latar Belakang
Dengan semakin banyaknya data yang juga semakin kompleks strukturnya, kita tentu membutuhkan sebuah 'Database' yang dapat menghandle banyaknya data ini. Oleh karena itu kita akan memakai LDAP, yang mana LDAP adalah seperti sebuah Database yang memfokuskan pada aktivitas Membaca. Selain itu LDAP sendiri dapat digunakan sebagai Sumber Autentikasi, yang mana kita akan singgung di pembahasan selanjutnya.

c. Maksud dan Tujuan
Mengetahui bagaimana cara melakukan instalasi dasar OpenLDAP dan Aplikasi Manajemennya phpLDAPadmin serta mengetahui hal apa saja yang harus dipersiapkan untuk dapat melakukannya.

d. Alat dan Bahan
- ISO Ubuntu Server 16.04 (64-bit prefered)
- 1 buah Server dengan RAM Min. 512MB, bisa berupa fisik atau VM.
- Koneksi Internet

e. Waktu Pengerjaan
Waktu yang dibutuhkan untuk melakukan instalasi dasar ini kurang lebih 5-10 Menit.

f. Langkah Instalasi
1. Saya menganggap instalasi Ubuntu Ubuntu16.04 sudah selesai dan tidak ada masalah. Serta lakukan Konfigurasi Pertama Pasca Instalasi, teman-teman dapat melakukan hal yang saya tulis untuk Debian 8 disini. Karena Ubuntu adalah turunan dari Debian maka hal yang berlaku bagi Debian juga berlaku bagi Ubuntu (Terkecuali untuk Repository), namun tidak berlaku sebaliknya.

2. Setelah konfigurasi pertama selesai dilakukan, lakukan Update Cache Aptitude lagi dengan:
~# apt update
3. Lakukan Instalasi Apache2 dan PHP7.0 untuk menjalankan phpLDAPadmin nantinya.
~# apt install apache2 libapache2-mod-php7.0 php7.0 php7.0-common php7.0-mbsting
4. Selanjutnya adalah menginstall OpenLDAP dan phpLDAPadmin.
~# apt install slapd ldap-utils migrationtools phpldapadmin
5. Instalasi selesai! Namun belum dapat digunakan karena kita belum mengkonfigurasinya dan belum membuat struktur databasenya. Artikel ini hanyalah membahas instalasi awal atau dasar dari OpenLDAP dan phpLDAPadmin yang mana Artikel selanjutnya yang berhubungan dengan OpenLDAP dan phpLDAPadmin akan terus mengacu pada Artikel ini untuk langkah awalnya.

g. Referensi
- Wikipedia - Lightweight Directory Access Protocol

h. Kesimpulan
Dengan melakukan instalasi dasar atau awal dari OpenLDAP dan phpLDAPadmin selanjutnya kita akan dapat melakukan konfigurasi yang lebih bervariasi hingga kompleks.

Cukup sekian yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat bagi teman-teman semua!.
Dan seperti biasa Terima Kasih!.
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

No comments :

Post a Comment