Friday, February 10, 2017

Membuat Fixed / Static Lease DHCP Server di MikroTik

  1 comment
Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Di artikel ini saya akan menulis bagaimana membuat sebuah Static Lease di DHCP Server MikroTik. Sehingga dengan Static Lease ini, berapa kalipun teman-teman melakukan reconnect teman-teman akan tetap mendapatkan IP sama layaknya menggunakan Static IP.

a. Pengertian
Static Lease merupakan sebuah cara yang dapat digunakan pada DHCP Server untuk memberikan sebuah Fixed IP kepada Client.

b. Latar Belakang
Karena saya berfikir ada beberapa device yang tidak dapat melakukan setting IP secara Static dan kita ingin memberikan sebuah Fixed IP kepada device tersebut.

c. Maksud dan Tujuan
Dapat mendistribusikan atau memberikan Fixed IP kepada Client-client yang bersangkutan meski menggunakan sistem DHCP.

d. Waktu Pengerjaan
Waktu yang digunakan untuk melakukan konfigurasi ini cukup cepat, kurang dari 2 Menit.

e. Alat dan Bahan
- 1 Perangkat MikroTik Routerboard

f. Langkah Kerja
1. Saya anggap DHCP Server sudah dikonfigurasi dan bekerja serta teman-teman sudah menghubungkan client-client yang ingin diberikan Static Lease.

2. Jika sudah, silahkan masuk ke perangkat Routerboard masing-masing melalui Winbox. Kemudian buka menu IP -> DHCP Server.

3. Setelah itu klik Tab Leases.
Disana akan terlihat client-client yang sudah merequest ke DHCP Server kita. Nah disini kita akan membuat Static Lease-nya.

4. Silahkan klik pada Client yang ingin di buat Static Lease nya, kemudian klik kanan pada Client tersebut lalu klik Make Static.
5. Static Lease sudah terbuat! apabila teman-teman ingin mengatur lagi IP nya, teman-teman dapat mengklik pada Static Lease tersebut lalu ubah Address nya.
6. Apabila client yang ingin diberikan Static Lease belum terdeteksi, teman-teman dapat menambahkan Static Lease nya sendiri dengan mengklik tombol [+] dengan catatan teman-teman mengetahui MAC Address Client nya.

g. Referensi
---

h. Kesimpulan
Dengan menerapkan Static Lease, teman-teman bisa mendapatkan IP 'pseudo-Static' meski menggunakan DHCP Server.

Sekian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat bagi teman-teman semua.
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

1 comment :

  1. terimakasih untuk tips dan trik konfigurasinya.
    https://essensemarwangi.co.id/

    ReplyDelete