Saturday, January 14, 2017

[Solved] Fix Winbox Stuck Connecting ketika Initial MAC Connect

  1 comment


Issue : Winbox tidak dapat melakukan koneksi ke perangkat Routerboard saat melakukan Initial Setting melalui MAC setelah Reset Configuration dengan No Default Configuration.

Fix : 
Sesuai dengan Link Referensi diatas yang merujuk ke Wiki MikroTik. Koneksi via MACAddress baru akan bekerja setelah kita mendapatkan IP, entah itu Link-local IP atau Static IP Bebas.
Nah ketika kita menggunakan GNU/Linux, kita tidak akan mendapatkan IP apabila kita terkoneksi ke sebuah jaringan tanpa ada DHCP Server. Akibatnya, PC kita yang berstatus sebagai DHCP Client akan terus menerus melakukan Broadcast untuk meminta Jawaban dari DHCP Server tanpa henti. Berbeda dengan Sistem Operasi Windows yang akan secara otomatis memberikan IP Link-local apabila setelah beberapa Broadcast tidak mendapatkan Jawaban dari DHCP Server.


Solusinya ketika kita menggunakan OS GNU/Linux adalah, kita harus melakukan setting Network Interface kita menjadi Konfigurasi Manual/Static tidak Automatic (DHCP). Dengan mengisi IP Bebas yang terpenting adalah seolah-olah PC kita memiliki IP yang Valid. Setelah kita melakukan setting IP menjadi Static/Manual selanjutnya kita sudah dapat melakukan Koneksi ke perangkat Routerboard melalui MAC Address.

1 comment :