Friday, January 13, 2017

Mari Mengenal MikroTik, Apa itu MikroTik?

  No comments
Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Halo teman-teman! Pada hari keempat ini kita akan mempelajari MikroTik dari awal. Dengan mempelajari MikroTik dari awal, diharapkan kita dapat mengetahui MikroTik, mengenal MikroTik dan sejarahnya, serta dapat memaksimalkan fitur-fitur dari MikroTik itu sendiri.

SEJARAH MIKROTIK

MikroTik adalah sebuah perusahaan kecil berkantor pusat di Latvia, bersebelahan dengan Rusia. Pembentukannya diprakarsai oleh John Trully dan Arnis Riekstins. John Trully adalah seorang  berkewarganegaraan  Amerika yang berimigrasi  ke Latvia.  Di Latvia  ia bejumpa dengan Arnis, Seorang sarjana Fisika dan Mekanik sekitar tahun 1995.

John dan Arnis mulai me-routing dunia pada tahun 1996 (misi MikroTik adalah me- routing seluruh dunia). Mulai dengan sistem Linux dan MS-DOS yang dikombinasikan dengan teknologi Wireless-LAN (WLAN) Aeronet berkecepatan 2 Mbps di Moldova, negara tetangga Latvia, baru kemudian melayani lima pelanggannya di Latvia.

Prinsip dasar mereka bukan membuat Wireless ISP (W-ISP), tetapi membuat program router yang handal dan dapat dijalankan diseluruh dunia. Latvia hanya merupakan tempat eksperimen John dan Arnis, karena saat  ini mereka sudah membantu negara-negara lain termasuk Srilanka yang melayani sekitar 400 pengguna.

Linux yang pertama kali digunakan adalah Kernel 2.2 yang dikembangkan secara bersama-sama dengan bantuan 5-15 orang staff Research and Development (R&D) MikroTik yang sekarang menguasai dunia routing di negara-negara berkembang. Menurut Arnis, selain staf di lingkungan MikroTik, mereka juga merekrut tenaga-tenaga lepas dan pihak ketiga yang dengan intensif mengembangkan MikroTik secara marathon.

MikroTik pada dasarnya adalah perusahaan Software Router, yaitu RouterOS namun MikroTik juga mempunyai Device Router yang sudah memiliki RouterOS didalamnya yaitu RouterBOARD

FITUR-FITUR MIKROTIK ROUTEROS
Untuk melihat apa-apa saja Fitur MikroTik, teman-teman dapat melihatnya di Wiki MikroTik

CARA MENGAKSES PERANGKAT MIKROTIK
1. Menggunakan SSH
Secara default, MikroTik mengijinkan untuk mengakses MikroTik menggunakan SSH dengan port default SSH yaitu 22. Teman-teman dapat mengaksesnya langsung dengan Terminal di Linux atau menggunakan Aplikasi Third-party seperti PuTTY, Bitvise SSH Client, Xshell, dan sebagainya. Dengan syarat, MikroTik sudah dalam keadaan memiliki IP dan dapat di ping

2. Menggunakan Web Browser
Cara setting Perangkat sejuta umat, MikroTik juga memberikan pilihan untuk mensetting perangkat melalui Web Browser yang dapat diakses dengan memasukkan IP Perangkat kedalam Address Bar Web Browser. Untuk memaksimalkan Pengaturan melalui Web Browser, pastikan menggunakan Web Browser yang sudah mendukung JavaScript.

3. Menggunakan WinBox
Salah satu hal yang membuat MikroTik begitu populer adalah karena aplikasi Utility milik mereka bernama WinBox. WinBox adalah aplikasi 32-bit Windows yang berfungsi untuk mengkonfigurasi Perangkat MikroTik dengan tampilan GUI. WinBox pada dasarnya adalah versi GUI-nya dari cara mensetting MikroTik menggunakan CLI. Maka dari itu susunan menu di WinBox sama persis dengan susunan menu di versi CLI. Meski aplikasi WinBox hanya tersedia dalam Sistem Operasi Windows, namun teman-teman dapat menjalankan WinBox pada Sistem Operasi Linux/Mac OS dengan bantuan Emulator seperti Wine.

4. Menggunakan Serial
Beberapa Perangkat RouterBOARD memiliki Port Serial yang dapat digunakan untuk mengakses dan mengkonfigurasi Perangkat RouterBOARD secara keseluruhan, termasuk mengakses BIOS dari Perangkat itu sendiri. Aplikasi yang dapat digunakan untuk mengakses contohnya adalah PuTTY.

Mungkin itu saja pengenalannya, semoga bermanfaat bagi teman-teman.
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

------------------------------------------

No comments :

Post a Comment