Thursday, March 9, 2017

Mengganti Identitas UUID Hard Disk di VirtualBox yang Mengalami Duplikat

  No comments
Virtualbox Logo | Virtualbox Website
Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Di artikel ini saya akan menuliskan mengenai Perbaikan Disk Image atau Hard Disk di Virtualbox yang Mengalami Duplikat.

a. Pengertian
VirtualBox adalah aplikasi perangkat lunak untuk Virtualisasi, yaitu perangkat lunak yang dapat memvirtualisasikan atau mengabstraksi Hardware sehingga Resourcenya dapat digunakan secara bersama-sama.

b. Latar Belakang
Penulisan artikel ini didasari atas permasalahan yang saya hadapi ketika menggunakan Aplikasi Virtualbox, yaitu ketika saya mencoba menduplikat Hard Disk yang digunakan oleh Virtual Machine saya diluar secara manual. Dan hasilnya adalah Hard Disk tersebut tidak dapat dipakai karena mempunyai Identitas atau UUID yang sama dengan Hard Disk yang terpasang lebih dahulu.

c. Maksud dan Tujuan
Tujuan dari artikel ini adalah untuk membagikan bagaimana mengatasi masalah ini dengan cara mengganti Identitas dari Hard Disk tersebut sehingga dapat digunakan kembali di Virtualbox.

d. Waktu Pengerjaan
Waktu yang digunakan untuk melakukan pengerjaan ini kurang dari 1 Menit.

e. Alat dan Bahan
- PC dengan OS GNU/Linux
- VirtualBox
- Akses ke Terminal

f. Langkah Pengerjaan
Sebelumnya akan saya sedikit jelaskan mengenai munculnya masalah ini. Jadi umumnya di Virtualbox penggunaan 1 Harddisk hanya diperbolehkan untuk 1 Virtual Machine (VM). Apabila kita ingin menggunakan Harddisk yang sama tersebut kita harus melakukan Cloning atau Penggandaan seluruhnya beserta Profile VM nya. Nah ketika proses Cloning itulah Virtualbox akan me-reset ulang seluruh Identitas yang dimiliki VM tersebut dan menggantinya dengan Identitas yang baru, maka dari itu tidak akan terjadi error apabila kita memakainya.

Beberapa dari kita mungkin hanya memerlukan Harddisknya saja sehingga kita akan langsung copy paste Harddisk tersebut. Nah disini masalahnya terjadi, karena kita menggandakan Harddisk tersebut secara manual maka secara tidak langsung Identitas Harddisk tersebut tidak berubah alias sama denga Harddisk sebelumnya. Inilah yang sebenarnya terjadi mengapa kita tidak bisa memasukkan Harddisk tersebut ke Virtualbox, karena Virtualbox tidak mengijinkan penggunaan Device yang memiliki Identitas sama.

Solusinya yaitu dengan me-reset identitas tersebut dan menggantinya ke Identitas baru, dengan memasukkan perintah berikut di Terminal:
~$ VBoxManage internalcommands sethduuid "<LokasiHardisk/hardisk>"
Perintah tersebut akan me-reset ulang UUID atau Identitas dari Harddisk dan menggantinya dengan UUID baru, sehingga tidak akan terjadi Duplikat UUID di Virtualbox.

g. Referensi
- Stackoverflow - How to change UUID in virtual box

h. Kesimpulan
Dengan diresetnya UUID yang dimiliki, kita bisa menggunakan Device atau Harddisk yang sama secara bersamaan di Virtualbox tanpa harus mengcloning seluruhnya VM tersebut.

Cukup sekian yang dapat saya tulis, semoga bermanfaat bagi teman-teman semua!
Dan seperti biasa, Terima Kasih!
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

No comments :

Post a Comment