Tuesday, March 7, 2017

Instalasi Aplikasi Ukuu, Ubuntu Kernel Update Utility di Ubuntu 16.04

  No comments
Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Di artikel ini saya akan menuliskan mengenai Instalasi Aplikasi yang bernama Ukuu atau Ubuntu Kernel Update Utility di Sistem Operasi Ubuntu 16.04.2.

a. Pengertian
Ukuu atau Ubuntu Kernel Update Utility merupakan sebuah Tool yang dapat digunakan di Sistem Operasi Ubuntu untuk memudahkan kita dalam melakukan Instalasi atau Penghapusan Kernel Linux.

b. Latar Belakang
Dikarenakan secara default Ubuntu (LTS) menggunakan Kernel yang didukung dalam jangka waktu yang lama atau Long Term Support, sehingga untuk pembaruan dengan cara Upgrade di Ubuntu dengan versi LTS tidak bisa mendapatkan Versi Kernel yang cukup up-to-date. Solusinya adalah dengan melakukan Instalasi sendiri kernel yang kita inginkan.

c. Maksud dan Tujuan
Tujuan dari penggunaan aplikasi ini adalah untuk memudahkan kita dalam melakukan manajemen Kernel seperti instalasi dan penghapusan. Tool Ukuu ini pun juga akan memberikan notifikasi pembaruan apabila terdapat Update terbaru pada Kernel.

d. Waktu Pengerjaan
Waktu yang digunakan untuk melakukan Instalasi Aplikasi ini berkisar antara 2-5 Menit.

e. Alat dan Bahan
- PC dengan OS Ubuntu
- Koneksi Internet
- Akses Super User / Sudo

f. Langkah Pengerjaan
1. Menambahkan PPA (Personal Package Archives)
Secara default, Aplikasi Ukuu tidak terdapat didalam Repository Resmi Ubuntu. Sehingga kita harus memasukkannya melalui PPA.
~# apt-add-repository ppa:teejee2008/ppa
2. Update Cache
Hal wajib yang kita lakukan setelah melakukan pengubahan Repository List, yaitu Memperbarui Cache nya.
~# apt update
3. Instalasi Ukuu
Selanjutnya setelah Cache sudah diupdate, kita dapat melakukan Instalasi Ukuu.
~# apt install ukuu
4. Test Ukuu!
Setelah instalasi selesai, teman-teman dapat menggunakan Aplikasinya yang sudah ada di Dash / Menu Aplikasi teman-teman.
Untuk beberapa kali membuka, teman-teman akan diminta untuk menunggu karena Ukuu akan mengambil Cache List dari Repository Ubuntu. Saya sarankan untuk membuka beberapa kali aplikasi ini sebelum melakukan Instalasi Kernel, karena besar kemungkinan apabila hanya membukanya sekali maka ketika Instalasi Kernel akan terjadi Error.
Untuk penggunaan Ukuu pun cukup mudah, di Ukuu akan muncul semua Versi Kernel yang ada di Repository Ubuntu yang secara default tidak terinstall di Ubuntu kalian. Kernel-kernel tersebut akan terbagi menjadi Kernel Versi Beta dan yang sudah Final. Untuk melakukan Instalasi kernelnya pun cukup mudah, teman-teman hanya tinggal mengklik Versi Kernel yang diinginkan kemudian Klik Install.
g. Referensi
- MakeUseOf - How to Easily Upgrade Ubuntu's Linux Kernel with Ukuu

h. Kesimpulan
Dengan menggunakan Tool Ukuu ini selain memudahkan kita dalam memanajemen Kernel, kita juga akan dipastikan untuk dapat selalu menggunakan Kernel Versi terbaru karena Ukuu secara berkala akan mengecek ke Repository apakah ada pembaruan kernel atau tidak, apabila terdapat pembaruan maka Ukuu akan menampilkan notifikasi Pembaruan ke User dan menunggu persetujuan untuk mendownload dan menginstallnya.

Cukup sekian yang dapat saya tulis, semoga bermanfaat bagi teman-teman semua!
Dan seperti biasa, Terima Kasih!
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

No comments :

Post a Comment