Tuesday, April 4, 2017

Mengenal Fitur CAPsMAN di MikroTik RouterOS

  No comments
Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Di artikel ini saya akan membagikan mengenai Pengenalan Fitur CAPsMAN yang ada di MikroTik RouterOS yang saya bagikan dari Website Mikrotik Indonesia (http://mikrotik.co.id/).

a. Pembahasan
Mulai versi ROS v6.11, Mikrotik memperkaya lagi fitur yang sudah ada dengan menambahkan sebuah fitur yang dinamakan CAPsMAN. Fitur ini banyak ditunggu oleh para pengguna Mikrotik, khususnya bagi yang memiliki jaringan wireless skala besar.

CAPsMAN (Controller Access Point system Manager) merupakan sebuah fitur wireless controller yang memudahkan kita untuk mengatur semua perangkat wireless akses point yang ada dijaringan kita secara terpusat.
Dalam penggunaan CAPsMAN ini, nanti perangkat-perangkat yang akan kita gunakan memiliki 2 istilah:

- CAP (Controlled Access Point), yaitu perangkat wireless akses point yang akan kita konfigurasi terpusat
- System Manager (CAPsMAN), yaitu perangkat yang digunakan untuk mengatur CAP. Konfigurasi, authentikasi dan sebagainya bisa diatur dari perangkat ini

Fitur CAPsMAN saat ini yang tersedia
Authentikasi Radius berdasarkan MAC address
Authentikasi menggunakan WPA/WPA2
Grouping konfigurasi AP
Sedangkan fitur yang saat ini belum disupport jika menggunakan CAPsMAN :
NStreme
NV2
Custom Advanced Wireless Config
Sekilas Cara Kerja CAPsMAN
Agar CAPsMAN sistem ini berfungsi, perangkat yang menjadi CAP harus membentuk koneksi manajemen ke perangkat yang menjadi CAPsMAN. Komunikasi antara CAPsMAN dan CAP bisa dibentuk dengan 2 metode:

- Menggunakan MAC, komunikasi bisa terbentuk apabila CAP dan CAPsMAN masih berada dalam segment layer 2 yang sama (baik fisik ataupun layer 2 tunnel)
- Menggunakan IP (protocol UDP), komunikasi ini digunakan apabila antara CAP dan CAPsMAN sudah berbeda segment Layer 2 (melewati router lain). Dengan menggunakan metode ini maka antara CAP dan CAPsMAN tidak perlu berada dalam sebuah network yang sama, bahkan bisa berbeda lokasi geografis

b. Sumber Artikel / Referensi

----
Sebagian besar material yang ada di post ini diambil dari sumber artikel diatas dengan penambahan ataupun pengubahan untuk tujuan penyesuaian artikel sumber ke struktur posting di blog ini.

No comments :

Post a Comment